5 Penyebab Kanker Paru Paru

Saat kita mendengar kata kanker pasti kita akan mengatakan amit-amit dan jangan sampai terkena penyakit semacam ini. namun tunggu dulu kita lihat dulu apakah bagaimana gaya hidup anda seperti misalnya anda perokok atau sering terkena polusi maka anda harus mempersiapkan diri anda jikalau nanti terkena penyakit kanker paru-paru tersebut.

 

Gambar 5 Penyebab Kanker Paru Paru

khasiatjellygamatgold.com

 

Kanker paru-paru berasal dari radikal bebas dan merupakan sel yang tidak dapat terkontrol dan jika telah tumbuh dan membesar maka akan membahayakan dan mengancam nyawa kita. kanker paru-paru sendiri saat memasuki stadium awal gejalanya hampir tidak bisa dilihat sebab hanya penyakit ringan seperti batuk dan sesak nafas yang biasanya terjadi. Dan dibawah ini adalah beberapa gejala yang akan terjadi jika anda mengalami kanker paru-paru:
• Batuk berdarah
• Mimisan
• Sesak nafas
• Berat badan turun drastis
• Nafsu makan berkurang
• Nyeri pada seluruh tubuh
Batuk berdarah saja bisa dipastikan ada masalah pada paru-paru anda oleh sebab itu segera periksakan kedokter untuk melakukan pencegahan dan pengobatan.

 

1. MEROKOK

Jika anda melihat pada bungkus rokok saat ini harusnya anda mengetahui bahwa dengan merokok menyebabkan kanker dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Harusnya kalau seseorang memiliki sebuah pemikiran yang sehat pastinya akan menghentikan hal negatif semacam ini namun kebanyakan orang lebih memilih nafsu dan mengatakan sudah terlanjur atau menjadi kebutuhan padahal jika sudah terkena penyakit kanker mereka akan mengatakan yang sebaliknya.

Apalagi melihat generasi sekarang yang sejak kecil saja sudah ikut merokok. Bagaimanapun juga kita tidak bisa menebak pemikiran manusia lain yang bisa kita lakukan hanyalah memberitahunya bahwa itu tidak baik dan membahayakan nyawa.

 

2. PEROKOK PASIF

Para perokok aktif memang tidak pernah berpikiran hal semacam ini yang mereka pikirkan hanyalah menikmati rokoknya padahal asap yang mereka keluarkan akan mengenai orang-orang disekitar mereka. Padahal bisa saja salah satu anggota keluarga seperti anak atau istrinya terkena penyakit kanker paru-paru gara-gara menjadi perokok pasif dan setiap hari terkena asapnya. Sebaiknya mulai menghentikan hal semacam ini karena pada rokok mengandung berbagai macam zat kimia misalnya nikotin yang membahayakan tubuh

 

3. POLUSI UDARA

Salah satu penyebab kanker paru-paru adalah karena polusi udara. Dulu saat Indonesia masih sangat rawan kendaraan bahkan itu saat saya masih duduk disekolah dasar saja tidak banyak kendaraan dan juga motor dijalan raya. Semua anak seumuran saya bahkan sampai anak SMA masih menggunakan sepeda namun dikarenakan sekarang motor dan kendaraan sudah menjamur jelas saja bahwa polusi udara yang disebabkan karena asap knalpot membuat udara yang dulunya bersih menjadi semakin kotor.

Disurabaya dijalan Ir soekarno yaitu diMerr saja melihat papan ukuran polusi udara saat pagi masih bersih namun menjelang jam 10 dan sampai malam sudah mencapai tingkat yang berbahaya jadi sebaiknya anda berhati-hati dan memakai masker supaya tidak terkena polusi dan terjangkit kanker paru-paru.

 

4. BEKERJA DI PABRIK

Salah satu tempat berbahaya adalah pabrik apalagi pabrik yang membuat suatu bahan kimia seperti cat tembok dan pabrik yang menggunakan bahan kimia lainnya. Jika kita lewat depan pabrik saja kita akan mencium bau salah satu bahan kimia yang dijadikan sebagan bahan baku untuk membuatnya.

Dengan menghirup lalu setiap hari bersentuhan dan berlama-lama disana tentu saja resiko terkena penyakit kanker paru-paru akan sangat tinggi, namun bukan berarti saya tidak menyarankan untuk bekerja dipabrik semua itu adalah pilihan kita dan jalan kita masing-masing. Yang perlu kita perhatikan adalah kebersihan dan keamanan kita bagaimana agar kita tidak terlalu terkena bahan kimia tersebut.

 

5. RADIASI

Sampai sekarang masih banyak orang yang tidak mengerti tentang radiasi. Saat ini radiasi banyak sekali ditemukan karena kemajuan teknologi misalnya pada televisi yang memiliki antena, sinyal handphone, dan radio. Radiasi sendiri adalah gelombang yang dihasilkan dari berbagai benda yang mengeluarkan gelombang yang membahayakan tubuh kita dan menyebabkan efek biologis pada tubuh kita dan menyebabkan berbagai macam penyakit khususnya penyakit kanker yang banyak berasal dari radikal bebas.

Kalau gelombang radiasi melewati tubuh kita maka ada 2 kemungkinan yaitu timbulnya interaksi dan hanya melewati saja. Yang berbahaya jika timbul interaksi maka akan menyebabkan gangguan dan perubahan pada tubuh kita.

 

Menghentikan berbagai macam kegiatan negatif seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi minuman bersoda adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit kanker tersebut. memang saat ini kita sudah memasuki era dan jaman yang sudah modern berbagai macam pengobatan dan metode penyembuhan mulai diteliti untuk kebutuhan manusia.

Tapi mencegah tentu saja lebih baik dari pada mengobati pastinya. Melakukan operasi, kemoterapi, dan masih banyak lagi akan membuat kita sengsara oleh sebab itu lakukanlah pola hidup sehat sejak dini.

 

Salam Sehat Selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *